Kamis, 23 Januari 2014

Taman Bunga Nusantara Versi 2 dan Bogor Botanical Garden Versi 5 (2014)

Hey, ini liburan awal tahun di 2014. Kali ini, liburan bertiga dengan Dn dan Rt (para junior). Liburan ini sudah berbulan-bulan direncanakan sebelumnya.  Ternyata, pengalaman pertama mengunjungi suatu tempat memang moment luar biasa dibandingkan ketika mengunjungi tempat yang sama pada ke-2, ke-3 atau seterusnya lagi. Well, kronologinya begini:

Berangkat dengan travel Cipaganti dari Bandung ke Lipi Cibinong-Bogor, langsung dijemput dari kosan jam 8.20 WIB (125K). Sampai ke tujuan sekitar pukul 14.50 WIB, lama karena harus mengantarkan penumpang lain dulu di daerah Bogor.

Di LIPI, memakan waktu sampai jam 15. 45, kemudian karena lapar, kami bertiga membeli mie ayam bakso di daerah gerbang depan kompleks LIPI (11K).
Sekitar pukul 16. 20, kami menuju masjid LIPI di dpn warung tempat kami makan tadi. Disana kami istirahat sebentar kemudian berjalan-jalan di sekitar komplek  tersebut bermaksud untuk mencari penginapan murah untuk semalam. Namun, sekitar pukul 17.00 lebih tak kunjung menemukannya. Berhubung badan sudah sangat lelah, maka kami beristirahat di masjid tadi sambil memikirkan alternative lain untuk menginap.
Magrib pun tiba, keputusan masih bercabang dua: antara menginap di masjid atau jika di usir maka terpaksa mencari wisma yang murah di seberang jalan. Kami duduk-duduk di teras masjid hingga Isya agar jika bisa segera masuk untuk tidur setelah jemaah Isya bubar.

Dua orang bapak-bapak menghampiri kami lalu menanyakan mengapa kami masih tetap duduk di masjid. Alhasil, kami pun disuruh menginap di rumah nya. Ini merupakan hal yang tak terprediksi sebelumnya. Sungguh kami akan merasa tidak nyaman jika harus menginap di rumah Bapak tersebut. Rumahnya kecil, dan penghuninya pun banyak. Kami disuguhkan 3 gelas air putih, kemudian bapak tadi pergi tahlilan dan meninggalkan kami dirumahnya bersama dengan Istri, anak, menantu, dan cucu-cucunya. Tidak nyaman rasanya datang seperti ini. Tak lama, sekitar 15 menit kemudian, istri dari bapak tadi menyuruh kami untuk menyewa di rumah tetangganya yang memiliki kos karena tahu dan merasa kami tidak akan nyaman dan leluasa di rumahnya. Akhirnya, kami pun tidur dengan nyaman malam itu walaupun membingungkan saat kita tidak tahu pasti nominal yang harus dibayar untuk tidur semalam dirumah kos tersebut karena sang empunya hanya bilang ‘seikhlasnya’.kemudian kami sepakati membayar 60K (@20K).

Sabtu pagi kami kembali ke Lipi karena masih ada keperluan dan saat disana, saya bertemu dengan pembimbing saat S1 dulu. Seperti kenalan lainnya yang akan kaget karena melihat penambahan volume fisikku, begitu pula dengan eks PSku. Hehehehe…..

Saat perjalanan keluar Lipi, kami menemukan Bapak2 yang menyuruh kami menginap dirumahnya semalam.Ternyata, bapak tua yang kurus itu adalah seorang tukang ojek.

Siang sekitar pukul 10.30, kami check out menuju Kebun raya Bogor via angkot 08 yang menuju pasar anyar (3K) dan turun di plaza Jambu Dua dan seharusnya diteruskan dengan angkot 08 ke arah pasar bogor, namun karena kami tertipu oleh supir angkot sebelumnya maka angkot 09 (3K) lah yang kami naiki. Alhasil, kami pun harus naik angkot 06 menuju pintu 1 KRB (3K).

Well, sampailah kami di pintu 1 KRB kemudian ke Ramayana terlebih dahulu dan membeli bekal makan siang. Barulah kami membeli tiket masuk KRB (14K). nih foto di KRB na hehehehe:

Sekitar pukul 4 sore, kami keluar dari KRB diangkut mobil staf KRB dari pintu belakang ke pintu depan karena hujan. Setelah itu kami pun ke BTM untuk Ashar dan berbelanja. Sekitar pukul 5 sore,kami menuju terminal laladon via 02 (3K) diteruskan dengan angkot kampus dalam (3k) menuju Dramaga. Kamipun menginap dirumah temanku yang kuliah di IPB.

Keesokan harinya pada pukul 8.30, kami bersiap ke terminal baranang siang menuju Cianjur. Rutenya tetap ke terminal laladon lagi (3K) kemudian disambung 03 ke terminal (5K). Darisana pukul 9.30 kami naik mobil ke Cianjur (sejenis Colt) dengan ongkos 20K. Sebelum mobil melaju, kami sudah mengatakan untuk berhenti di Taman Bunga Nusantara daerah Cipanas. Setelah sekitar 1,5 jam,kamipun sampai dan disambung dengan angkot kuning jur. Mariwati ke daerah Taman Bunga (5K). sekitar pukul 11.50 kamipun sampai ke daerah wisata Taman Bunga Nusantara. Oh ya, tiketnya sekarang 30K padahal sekitar setahun lalu masih 25K. wajar sih …bbm naik…hihihi…

Japan Park
Taman Jepang
Aneh sekali, kebetulan saat disini, kami melihat bnyak sekali wisatawan asing yang berkeliaran yang bisa dipastikan mereka berasal dari Timur Tengah, entah Arab, Turki, Mesir, Iran, Irak atau Palestina..yang jelas perempuannya bercadar. Namun,tak tampak satu pun bule-bule pirang disini.
American Garden
Taman amerika
Prancis punya
Nasgor 27,5K (wajar sih enak) & kopi item (7,5K)

Bali euy

Sehabis Ashar, kami keluar dan bermaksud pulang ke Bandung. Kami naik angkot ke Jalan Raya Cipanas (5K), menunggu bis dari Bogor ke Bandung. Namun, berhubung Sabtu dan diperkirakan macet sampai jam 5 sore bis tak kunjung datang. Akhirnya kami pun naiki bis yang lewat ke cianjur dengan membayar 25K yang akan diurus sampai ke Bandung. Sang kondektur menemani kami menunggu bis yang ternyata ongkos dari Cipanas ke Cianjur diambil 15K oleh bis tadi. Jadi 10K, nego si kondektur ke kondek bis selanjutnya dengan ongkos tersebut.Tapi ternyata nambahin lagi 2K. Ahhh…pokoknya ribet deh mulai dari sini. Dari Cianjur, kami naik bis Sukabumi-Bandung.
Pukul 21.00 lebih kami tiba di terminal leuwi panjang Bandung. Karena agak lupa rute pulang ke Taman Sari dari Sana. Akhirnya kami terpaksa carter angkot langsung dari Leuwi panjang (50K).Pukul 22.30 sampai dikosan yang sebelumnya sempat membeli makan malam di Balubur lama. Hari minggu istirahat total. Refresh kali ini cukup sebagai pembuka awal tahun.