Rabu, 27 Maret 2013

Tipes Kambuh (Lagi)

Semenjak pasca terkena penyakit Tipes pertengahan tahun 2010 dulu, sepertinya tiada kondisi yang benar-benar aman. Bagaimana tidak, jika badan lelah atau istirahat kurang maka dijamin akan langsung demam dan sering kembali ke gejala awal tipes. Saya sudah cukup lelah dan hampir putus asa dengan penyakit ini, maka saya berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai penyakit infeksi Salmonella typii ini. Kemudian, saya juga bergabung ke grup konsultasi penyakit secara online hanya demi mencari cara untuk dapat melenyapkan penyakit ini secara tuntas. Well, sedikit informasi mengenai tipes ini:
  • Ternyata 20% kasus penyakit ini bisa kambuh. Dan saya juga termasuk penderita yang kambuh lagi.
  • Untuk kasus seperti yang saya alami, kemungkinannya adalah bakteri tidak mati tuntas. Jadi yang harus saya lakukan adalah untuk tidak terlalu lelah dan menjaga kebersihan makanan termasuk wajib mencuci tangan.
  • Pernah baca (entah dimana), bahwa apabila seseorang terkena Tipes dan kambuh lagi, kemudian kambuh lagi maka kemungkinan penyebab kematiannya adalah penyakit ini.
  • Ada yang disebut  sebagai vaksin Tipes yang konon katanya Tipesnya tidak akan muncul lagi sekitar 3 tahun. Tapi saya belum mencoba cara ini.
  • Satu-satunya cara agar tidak kambuh lagi adalah dengan tidak mencoba-coba memancing si Salmonella aktif kembali dengan cara menjaga pola makan, aktivitas, kebersihan. Dengan mengurangi minum kopi, coklat, makanan pedas, makanan asam, asin. Istirhat yang cukup. 
  • Terakhir kali saat saya mengeluhkan tipes kambuh lagi pada dokter sekembali dari pendakian gunung, dokter menduga karena tangan kotor saat makan. So, saya disarankan wajib mencuci tangan sebelum makan dan sehabis B.A.B. selain itu, saya selalu membawa hand sanitizer (antiseptik) agar selalu bisa membersihkan tangan untuk makan dimana pun. Biasakanlah hal ini. Kondisi anda akan lebih baik agar bisa menuntaskan tipes.
  • Apabila anda merasa daya tahan tubuh anda semakin melemah, lebih baik konsumsi  propolis secara teratur ataupun  obat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.. Saya sudah mencoba hal ini, dan dalam kurun waktu 1 tahun ini hampir tidak pernah demam atau kambuh lagi, beraktivitas sudah mulai lancar.
Ada saran lainnya? please share! karena banyak orang membutuhkan informasi tentang penyakit ini.....

19 komentar:

  1. Sekarng masih sering kambuh tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah, sudah tidak pernah lagi untuk tipes hingga saat ini.

      Hapus
  2. Tapi ko tipesku kambuh terus yah, udah bolak balik dirawat rumah sakit terus
    kalo lagi kerasa sakitnya pengin nangis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin penyebab awalnya karena tidak menghabiskan antibiotik yang diberikan dokter sehingga bakteri tipesnya bisa aktif kembali dan bahkan (mungkin) menjadi lebih kebal. Berdasarkan pengalaman saya, ikuti saja saran dokter jika disuruh menghabiskan obat, kemudian ketika sembuh mulai untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami saja : tidur lebih banyak dan teratur, menjaga pola makan dan menghindari kelelahan fisik yang terlalu sering. Thanks.

      Hapus
  3. Gimana rasanya kak saat tipes kambuh lagi, saya g prnah sakit smpai rawat inap. Bru pertma kali n sangat cepat watku terserang nya tipes.
    Akhir-akhr ini saya merasa panas dalam, badan anget tpi kadang muncul hilang balik lagi...mohon infonya kk. Saya tak mau d rawat inap lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dikasih antibiotik oleh dokter, habiskan saja. Saat sembuh, mulai untuk menjaga pola makan yang lebih baik, tidur yang cukup dan menjaga kebersihan (makanan dan lingkungan). Jangan sampai tipes muncul lagi, karena bisa melemahkan daya tahan tubuh sehingga lebih mudah terserang penyakit lainnya (Berdasarkan pengalaman saya). Thanks.

      Hapus
  4. Klo penyakit kambuh lagi gimana bro?

    BalasHapus
  5. tgl 27 nov 2017 sampai tgl 2 des 2017 saya di rawat inap karena terkena positif typus,sekarang saya mudah lelah,perut terkadang sakit dan sering bab bahkan kepala saya sering sakit,apa itu akan dampak typus kembali lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo positif typus, ikuti saran dokter untuk menghabiskan antibiotik yg diberikan meski sudah merasa baikan supaya tidak kambuh lagi nantinya. Setelah sembuh, sebaiknya ekstra untuk menjaga pola makan dan kebersihan.

      Hapus
  6. Aku pernah kena tipes, baru sembuh sekitar sebulan tapi kemaren aku muntah sama diare, terus sekarang aku lemes lagi terus lidah aku agak putih lagi. Berarti tipes aku kambuh lagi?

    BalasHapus
  7. Saya juga sering sekali kambuh tipesnya. Setahun rata2 dua x opname di RS. Kadang sering bertanya harus bagaimana lagi saya ini. Semua obat herbal , vitamin sdh sy minum. Tp tetap kambuh. Ini juga lagi opname kesekian kalinya karena tipes. sampai diberi antibiotik yg paling tinggi levoflaksin kalau tdk salah. Namun nyatanya ini masih kumat lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy jg begitu awal kena februari 2017 d opname.. Februari 2018 opname lg.. Sampai sekarang badan sy belum fit 100%..

      Hapus
    2. saya juga ternyata masih kambuh di tahun 2019 tapi tidak separah waktu 2013. Mungkin dari tipes, saya belajar mengenali tubuh sendiri. Oh ya... jadi bakteri tipes itu kan menyerang pencernaan... maka yang harus ekstra dijaga adalah lambung dan usus. Berarti kita juga harus mencegah asam lambung agar tidak meningkat maka jangan stres, jangan kurang tidur, kurangi kopi, teh dan saran saya mengobati lambung dengan temu lawak atau kunyit.

      Hapus
  8. Ya allah saya kira cuma saya aja yg rasain kambuh berulang ulang ...
    Sampai hari ini saya masih proses penyembuhan , tahun ini uda 3x di opname, dan bolak balik dokter . Skrg msh minum obat .. suka nangis kalo lg kumat.. . Bner2 capek bgt . Uda ga tau lagi hrs gimana .

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. saya juga ternyata masih kambuh di tahun 2019 tapi tidak separah waktu 2013. Mungkin dari tipes, saya belajar mengenali tubuh sendiri. Oh ya... jadi bakteri tipes itu kan menyerang pencernaan... maka yang harus ekstra dijaga adalah lambung dan usus. Berarti kita juga harus mencegah asam lambung agar tidak meningkat maka jangan stres, jangan kurang tidur, kurangi kopi, teh dan saran saya mengobati lambung dengan temu lawak atau kunyit.

      Hapus
  10. Wah saya ini juga baru sekitar 2 minggu sembuh, trus sekarang ngerasa meriang lagi,bener 2 trauma ini sama tipes,padahal udah usaha hidup bersih

    BalasHapus
  11. Wah saya ini juga baru sekitar 2 minggu sembuh, trus sekarang ngerasa meriang lagi,bener 2 trauma ini sama tipes,padahal udah usaha hidup bersih

    BalasHapus
  12. Wah saya ini juga baru sekitar 2 minggu sembuh, trus sekarang ngerasa meriang lagi,bener 2 trauma ini sama tipes,padahal udah usaha hidup bersih

    BalasHapus

Mari kita curahkan komentar, jangan ditelan begitu saja!